Cara Mengatur Equalizer Aplikasi Google Play Musik di Android

Cara mengatur Equalizer Google Play Musik di Android. Musik, dapat menemani sela-sela aktivitas, kapanpun dan dimanapun. Musik juga dapat membuat perasaan menjadi tenang ketika sedang sibuk bekerja, belajar, nongkrong dengan teman atau ketika kita sedang sendirian. Dilihat dari sisi psikologi; musik dapat membantu seseorang menenangkan pikiran ketika sedang dalam tekanan mental, seperti ketika sedang marah atau sedih. Ya, setiap lagu yang kita dengar dapat menggambarkan perasaan seseorang. Tahukah anda, ketika kita sedang mendengarkan musik, otak kitapun dapat bekerja dengan normal, bahkan akan lebih meningkatkan daya pikir kita ketika sedang serius mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas kantor. Namun, jenis musik yang kita dengar tentu mempengaruhi otak kita, jadi jika sedang duduk melakukan pekerjaan yang menguras pikiran, cobalah mendengarkan jenis musik klasik, jangan yang bergenre rock metal, itu akan membuat anda semakin sulit untuk berpikir.

Cara Mengatur Equalizer Google Play Musik (Memaksimalkan Kualitas Suara)

Google Play Musik adalah produk aplikasi pemutar musik buatan Google untuk perangkat mobile android, dari sisi kualitas suarapun sangat baik sebab mampu menciptakan kejernian untuk setiap telinga yang mendengar. Tampilan dari aplikasi Google Play Musik sendiri terlihat sederhana namun menarik dipandang mata. Sayangnya, untuk menemukan kualitas suara yang benar-benar pas, kita harus merubah beberapa pengaturan sebab tidak semua jenis pengaturan Equalizer  (default / pengaturan pabrik) akan nyaring terdengar pada beberapa kodisi, misalnya ketika sedang dan tidak menggunakan headset / headphone sebagai perangkat tambahan dan karena itulah akan mempengaruhi pendengaran kita yang merasa kualitas suara Google Play Musik kurang enak didengar. Sesuai dengan standart pabrikan, Google Play Musik telah membekali penggunanya untuk memungkinkan mereka mengatur sendiri Equalizer agar mendapatkan kualitas dan kejernian suara sesuai keinginan sendiri, mereka tidak perlu lagi mengunduh aplikasi Equalizer lain yang malah hanya akan membuat speaker smartphone android anda rusak.

 Cara Mengatur Ekualiser Google Play Musik (Memaksimalkan Kualitas Suara)

"Note; hati-hati memilih aplikasi Equalizer yang belum dipercaya, seperti kebanyakan aplikasi lainnya, mereka tidak bekerja seperti yang diharapkan atau seperti yang tertera pada rincian / detail aplikasi. Permasalahan yang lain dapat terjadi pada android kesayangan anda, sebab spesifikasi Equalizer yang buruk dapat menyebabkan kualitas suara yang buruk dan dapat berdampak pada smartphone android anda."

Jenis lagu apa yang paling sering atau yang paling anda sukai? rock, jazz, pop, klasik atau sweet memories? mendengarkan musik memang dapat melepas rasa lelah baik fisik maupun mental. Ketika anda menginginkan ketenangan dengan suasana lagu dan kualitas suara yang tinggi, mungkin anda ingin mengatur sendiri filter suara Google Play Musik agar cocok di telinga anda.
Untuk dapat mengatur setelan audio anda sendiri, lakukan cara dibawah ini;
  • Step 1. Buka aplikasi Google Play Musik di android anda bisa juga di android milik orang sebagai eksperimen :).
  • Step 2. Tekan tombol di sudut kiri bagian atas untuk menampilkan menu. Setelah itu pilih Setelan.
  • Step 3. Pilih Equalizer.
  • Step 4. Pilih pengaturan Equalizer dengan menekan kotak mana saja pada Sound Alive, setelan suara pada setiap kotak adalah setelan suara pabrik. (Setiap kotak mempengaruhi suara musik yang keluar).
  • Step 5. Jika suara yang keluar belum pas untuk telinga anda, tekan tab Tingkat Lanjut agar anda dapat mengatur Bass, Middle, Treble atau lainnya jika anda mengerti tentang Sound.
  • Step 6. Pada pengaturan Tingkat Lanjut, anda pasti mengerti (meski sedikit) bagaimana cara menjalankan panel Equalizer. Selain itu juga tersedia efek ekstra (3D, Bass, Clarity) jika anda tertarik mengaplikasikannya.
  • Step 7. Jika sudah tekan Selesai.

Setelan pabrik untuk ekualiser aplikasi google play musik di android
0dB adalah batas normal, -10dB adalah batas terendah 10dB adalah batas tertinggi dan 60, 150, 400, 1.1k, 3.1k, 8k, 16k adalah frekuensi suara

Saran Setelan Equalizer Sesuai Tempat dan Kondisi yang Berbeda-beda.

Jika anda bingung melakukan penyetelan Equalizer, anda dapat mencoba beberapa kualitas suara yang selalu saya pakai di tempat dan kondisi berbeda. Saya bukan pakar sound sistem, tapi pernah belajar dan melakukan uji coba kualitas suara di tempat yang berbeda, sebab tempat dan kondisi akan mempengaruhi pendengaran anda ketika mendengarkan musik. Contoh; mendengarkan musik pada ruangan terbuka dan ruangan tertutup tentu berbeda, ruangan tertutup (khususnya ruang aula) akan memunculkan suara bising dan echo yang berlebihan akibat pantulan suara. Sebelumnya, nonaktifkan semua fitur efek (3D, Bass dan Clarity).

"Kualitas MP3, Video atau format audio lainnya yang rendah dapat berpengaruh pada pemutar musik."

Mengatur Equalizer di Ruangan Tertutup (khusunya aula)
Keterangan;
Frekuensi diatur pada: 60 naik 3, 150 naik 2, 400 normal, 1.1k naik 2, 3.1k turun -1, 8k turun -2, 16k turun -3.

Mengatur setelan ekualiser google play musik didalam ruangan

Mengatur Equalizer di Ruangan Terbuka
Keterangan;
Frekuensi diatur pada: 60 naik 3, 150 normal, 400 normal, 1.1k turun -1, 3.1k naik 4, 8k naik 2, 16k naik 3.


Mengatur setelan ekualiser google play musik diluar ruangan

Mengatur Equalizer Ketika Menggunakan Aksesoris (Headset, Headphone dll)
Keterangan;
Frekuensi: 60 naik 3, 150 naik 2, 400 normal, 1.1k normal, 3.1k normal, 8k normal, 16k turun -1.
Fitur Efek: aktifkan efek 3D dan Bass.

Mengatur setelan ekualiser google play musik ketika menggunakan perangkat aksesoris tambahan (headset dan headphone)

Mendengarkan musik adalah hal yang menyenangkan dan dapat membuat kita lebih rileks atau lebih berkonsentrasi ketika sedang sibuk. Sedikit tips, seperti yang pernah saya baca pada salasatu buku (Quantum Learning) dimana isi buku itu membagi pengalaman menarik tentang apa yang harus kita lakukan kedepan sementara mempersiapkan diri kita untuk hal yang besar, termasuk melatih konsentrasi khususnya ketika belajar seseorang akan memerlukan sesuatu untuk membantunya berpikir, berkonsentrasi dan tetap fokus, itu dalah musik klasik.

Itulah cara mengatur Equalizer Google Play Musik di Android yang dapat saya informasikan, tinggal bagaimana anda dapat lebih inovatif membuat rangkaian suara berkualitas baik untuk Equalizer. Semoga membantu.

Loading...
Previous
Next Post »